Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Tips mencegah kanker rahim

Written By thewinners on Wednesday, June 1, 2011 | 11:40 PM

Tips mencegah kanker rahim - Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak normal. Kanker leher rahim adalah tumbuhnya sel-sel abnormal pada leher rahim. Penyakit ganas ini menduduki peringkat atas sebagai pembawa kematian. Berikut tips pencegahanya:
1. Jauhi rokok
Ini peringatan paling penting buat wanita perokok, kecuali mengakibatkan penyakit pada paru-paru dan jantung, kandungan nikotin dalam rokok pun bisa mengakibatkan kanker serviks (leher rahim)
2. Pencucian vagina
Douching atau cuci vagina menyebabkan iritasi diserviks. Nah, iritasi berlebihan dan terlalu sering akan merangsang terjadinya perubahan sel, yang akhirnya jadi kanker.
3. Menaburi talk
Yang sering terjadi, saat dari vagina gatal atau merah-merah, anda menaburkan talk disekitarnya. Ini bahaya, sebab pemakaian talk pada vagina wanita usia subur bisa memicu terjadi kanker ovarium (indung telur)
4. Diet rendah lemak
Penting untuk diketahui, timbulnya kanker pun berkaitan erat dengan pola makan seseorang. Wanita yang banyak mengkonsumsi lemak akan jauh lebih beresiko terkena kanker endometrium (badan rahim). Sebab lemak memproduksi hormone estrogen, sementara endometrium yang sering terpapar hormone estrogen mudah berubah sifat menjadi kanker.
5. Kekurangan vitamin C
Pola hidup mengkonsumsi makanan tinggi lemak akan membuat orang tersebut melupakan zat-zat gizi lain, seperti beta karoten, vitamin C, dan asal folat. Padahal, kekurangan ketiga zat gizi ini bisa menyebabkan timbul kanker serviks.
6. Hubungan sek terlalu dini
Hubungan sek idealnya dilakukan setelah seseorang wanita benar-benar matang. Ukuran kematangan bukan hanya dilihat dari ia sudah menstruasi atau belum. Tapi juga bergantung pada kematangan sel-sel mukosa; yang terdapat diselaput kulit bagian dalam rongga tubuh. Umumnya sel-sel mukosa baru matang setelah wanita tersebut berusia 20 tahun keatas.
7. Berganti-ganti pasangan
Bisa juga kanker serviks muncul pada wanita yang berganti-ganti pasangan seks. Hal ini terkait dengan kemingkinan tertular penyakit kelamin, salah satunya human papiloma virus (HPV).
8. Terlambat menikah
Sebaliknya wanita yang tidak atau terlambat menikah pun bisa beresiko terkena kanker ovarium dan kanker endometrium. Sebab, golongan wanita ini akan terus menerus mengalami ovulasi tanpa jeda. Jadi, rangsangan terhadap endometrium pun terjadi terus menerus. Akibatnya bisa membuat sel-sel di endometrium berubah sifat jadi kanker.
9. Penggunaan esterogen
Risiko yang sama akan terjadi pada wanita yang terlambat menopause. Karena rangsangan terhadap endometrium sksn lebih lama, sehingga endometrium akan lebih sering terpapar estrogen. Jadi, sangat memungkinkan terjadi kanker.

Tips mencegah kanker rahim 

0 comments:

Post a Comment