Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Kebiasaan Sehat Pemicu Sakit

Written By thewinners on Thursday, June 9, 2011 | 1:01 PM

Sebuah penelitian pernah mengungkap kalau terobsesi dengan kebersihan bisa membuat seseorang mengalami depresi. Bukan hanya itu, ada beberapa kebiasaan yang mungkin menurut Anda sehat ternyata justru bisa membuat sakit.

Agar Anda bisa waspada demi terhindar dari masalah kesehatan, ketahui empat kebiasaan tersebut seperti dilansir dari Daily Mail:

1. Sering mandi
Menurut Nick Lowe, dermatologis dari Klinik London Cranley, air panas yang dikombinasikan dengan sabun berbahan keras, bisa membuat kulit kering dan dehidrasi. Bahkan, menurutnya sebagian besar dari kita tidak selalu perlu untuk mandi secara menyeluruh setiap hari.

2. Tidur malam hari
Menurut Professor Jim Horn dari Center for Sleep Studies and Loughborough University, tidur selama delapan jam bisa memicu kelelahan. Tak perlu menyiksa diri untuk segera tidur lagi, jika Anda tiba-tiba bangun di malam hari.

Lakukan sesuatu seperti membaca buku. Tubuh akan 'memberitahu' Anda ketika ingin tidur. Hal yang harus Anda ketahui tidur siang singkat selama 4 sampai 15 menit, efektivitasnya lebih baik daripada tidur selama satu jam di malam hari.

3. Berkumur setelah sikat gigi
Phil Stemmer, dokter gigi dari Centre for Healthy Breath di London, menyarankan untuk tidak terlalu banyak berkumur setelah menyikat gigi Anda. Itu karena bisa menyapu lapisan pelindung berbasis fluoride yang juga diaplikasikan bersama dengan pasta gigi Anda.

Ia juga menyarakan, penting untuk tidak segera sikat gigi segera setelah makan. Makanan akan membuat enamel pada gigi jadi lebih lembut, dan dibutuhkan sekitar setengah jam untuk mengeras kembali. Menyikatnya segera setelah makan bisa menyapu enamel gigi.

4. Mengambil napas berlebihan
Terapis dan kepala Society for Stress Management, Inggris, Neil Shah mengklaim bahwa orang dewasa cenderung memanfaatkan secara berlebihan pernapasan dada. Akibatnya, udara terperangkap di bagian bawah paru-paru.

Orang harus bernapas dengan perut, melakukannya secara teratur dan berirama, membuat 12-20 siklus per menit, dengan jeda pendek antara mengambil dan membuang napas. vivanews.com

0 comments:

Post a Comment